Senin, 21 Januari 2008

University of Hawai membuka study mengenai budaya Batak

Adalah Uli (Ulrich) Kozok, pria kelahiran Hildesheim, Jerman 26 Mei 1959 yang telah mempelajari Budaya dan Bahasa Batak sejak 1981 ketika berada di Medan. Kemudian semakin tertarik justru sekembalinya dari Indonesia, belajar arkeologi di Universitas Hamburg dan menghadiri simposium tentang kebudayaan dan bahasa di Sumatera Utarayang dihadiri pakar dari Jerman dan negara lain.

Tahun 1983 Uli mendapat beasiswa Pemerintah Jerman, DAAD (Deutsche Akademischer Austauschdienst) tahun 1983-1985 untuk menjadi mahasiswa tamu di jurusan Sastra Daerah Universitas Sumatera Utara (USU).
Menurut Uli koleksi naskah Batak di Jerman hampir 600, di Belanda jumlahnya ribuan, sedangkan di Indonesia mungkin cuma 200-an. Banyak mahasiswa dan dosen selama dia di USU yang kurang paham naskah Batak.

Tahun 1988-1989 Uli menjadi Dosen Luar Biasa Universitas Negeri Medan (dulu IKIP Medan). Kemudian tahun 1989, disertasi tentang bilangbilang, masyarakat Karo, mengantar Uli meraih gelar Master Artium di Universitas Hamburg. Empat tahun kemudian, pada Tahun 1993, Uli meraih gelar Doktor dengan tema sama, puisi percintaan pada masyarakat Batak.

Karena pertemuannya dengan Michael Everson. tahun 1998, ahli linguistik sekaligus desainer jenis huruf (font) untuk computer dan media digital, Uli diminta Michael untuk membuat software agar aksara Batak bisa ditulis dalam sebuah komputer.

Serangkaian penelusuran dari sejarah dan penyebaran aksara Batak ia lakukan dan mempertemukannya dengan hal-hal yang menggembirakan hatinya.
Salahsatunya adalah Naskah tua Melayu yang ditulis dengan huruf dari rumpun yang sama, surat Pascapalawa.
Surat Pascapalawa atau dikenal sebagai aksara Kawi ada hampir diseluruh Sumatera, mulai dari Lampung, Rejang-Lebong, Kerinci, Minangkabau, hingga Mandailing.

Sekarang Uli Ketua Deapartemen Bahasa dan Sastra Indonesia School of Language and Literature University of Hawaii di Manao.
Adapun Websitenya http://bahasa.net/online/
Buku Aksara Batak : http://findarticles.com/p/articles/mi_hb3062/is_200106/ai_n7697541

Tidak ada komentar: